Kendalikan Tungro, Kadis TPH Kalsel, Syamsir Rahman Tinjau Lokasi Persawahan di Batola


Kadis TPH Kalsel, Ir. H.Syamsir Rahman saat meninjau lokasi persawahan di Desa Danda Jaya, Kabupaten Barito Kuala.(ist)

Wartabebas.com – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah melakukan gerakan pengendalian hama dan tungro dengan berbagai upaya telah menyiapkan obat obatan untuk mengatasi dan mengisolir hama tungro tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas TPH Kalsel, Ir. H.Syamsir Rahman baru – baru ini saat turun langsung ke lahan pertanian di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

“Kami melakukan gerakan pengendalian hama dan tungro, sekaligus persiapan panen dan pembelian gabah petani oleh Dinas TPH,” ujar Kadis TPH kepada media ini saat berbincang dengan petani di wilayah Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh, Batola.

Kadis TPH Kalsel menyatakan, meskipun ada ratusan tanaman padi di Kalsel terserang hama tungro tahun 2022 tadi, namun tidak perlu khawatir untuk ketahanan pangan, pasalnya hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi padi di Kalsel.

Pak Syamsir sapaan akrab Kadis TPH Kalsel yang juga pernah menjabat Plt Sekda Kabupaten Tapin itu juga pertanyakan kepada Agus salah satu pemilik lahan pertanian jenis padi varietas Sertani mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dan penjualan gabah.

Kemudian Agus berharap kualitas lebih baik dan menyebutkan harga Rp 6.000 penjualan gabah jenis Sertani yang sementara ini terima di tempat, maka Syamsir berjanji akan membeli dengan melebihi dari harga ia jual.

“Kita Dinas TPH Kalsel terus melakukan gerakan pengendalian hama dan tungro sekalian persiapan panen dan pembelian gabah petani,” pungkasnya Kadis TPH Kalsel.(mld)

 

Berita Terkait

Top