Kondisi Tugu Pancasila Km 17 menjadi Buah Bibir Warga


foto dari kejauhan Tugu Pancasila Km 17, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel (dok)

Martapura, wartabebas.com – Kritikan membangun untuk kepala daerah sangat dibutuhkan demi kemajuan banua, khususnya di Kalimantan Selatan, baik infrastruktur, maupun monumen – monumen yang tentunya menjadi andalan suatu benua, dan juga kemaslahatan masyarakat untuk mendorong perekonomian adalah infrastruktur merupakan urat nadi masyarakat.

Demikian disampaikan salah satu warga Kalsel yang tak mau disebutkan namanya itu saat mampir ke tugu tersebut.

Pria  memiliki jiwa sosial yang tinggi itu mengingatkan kepada pemerintah daerah terkait monumen yang merupakan andalan Kalsel, yakni kondisi Tugu Pancasila di Jalan A. Yani Kilometer 17 Gambut, Kabupaten Banjar terkesan tidak terawat.

Disampaikannya, ketika ia melintas dan ingin berfoto di lokasi tersebut, ternyata nampak dari dekat rumput terlihat meninggi, dan kondisi tugu terlihat banyak yang rusak, sehingga monumen ikon Kalsel ini menjadi buah bibir warga.

Tentunya dengan kondisi begitu, Tugu Pal 17 yang juga merupakan Monumen Sejarah Penandatanganan Teks Proklamasi oleh Brigjen H Basri yang berada persis di bundaran gambut ini juga menjadi lalu lalang warga Kalsel dan tamu dari luar daerah, apalagi para pejabat pusat.

“Pastinya tugu ini sering dilewati apabila ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan,” tuturnya

Ia menduga Tugu Pancasila Kilometer 17  sudah bertahun – tahun tidak terawat.

“Semoga pemerintah terkait, khusus Pemerintah Daerah  ada tindakan untuk perhatian dan memperbaiki tugu andalan Kalsel ini,” harap pria pecinta kemajuan Kalsel itu kepada wartawan.

Selain itu, pria kelahiran Kabupaten Tanah Laut itu berharap sebagai masyarakat agar pemerintah segera membenahi, dan peneranganya juga sangat diperlukan.(mld)

 

 

Berita Terkait

Top